Pusat Pendidikan Pertanian

The Center of Amazing Excellent Millennials Vocational Education on Agriculture in Indonesia
Jam Buka

Senin - Kamis 07.30 - 16.00 | Jumat 07.30 - 16.30

Terkini

Warta

Agenda

Upcoming Events

Sebagai sebuah pusat pendidikan utamanya dalam bidang pertanian di Indonesia, Pusat Pendidikan Pertanian mengemban tanggung jawab untuk turut serta mengedukasi sumber daya manusia pertanian dan masyarakat Indonesia melalui berbagai macam kegiatan dan acara.

Kabar Pendidikan

Info Kampus​

Pusat Pendidikan Pertanian menaungi 7 poltektan serta membina sekolah menengah kejuruan pertanian bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Pertanian melalui BPPSDMP saat ini menyelenggarakan pendidikan menengah vokasi pertanian di 3 (tiga) SMK-PP, dan 84 SMK bidang pertanian lainnya di bawah pemerintah daerah dan swasta atau yayasan.

Hi, I’m a Tooltip

Tekan pin pada gambar untuk informasi lebih lanjut.

135 +

Kerja Sama

297 +

Pengajar

2840 +

Peserta Didik

2674 +

Lulusan Terbaik

Kutipan Sepekan

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

“Ketahanan suatu negara ditentukan oleh ketahanan pangan”

Kerja Sama

Kemitraan & Kolaborasi

Faktual​

Bicara Fakta​​

YOGYAKARTA- Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma) melaksanakan wawancara Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) pada Selasa (17/5) hingga Rabu (18/5) secara virtual di Kampus Yogyakarta dan Kampus Magelang. Sebelumnya Tes berbasis komputer (CAT) juga telah dilaksanakan secara virtual.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) tak hentinya menegaskan bahwa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) harus terus berinovasi dalam melahirkan sumber daya manusia (SDM) pertanian yang siap kerja bahkan sebagai job creator ketika terjun ke masyarakat. Salah satunya melalui tes CAT.

“Polbangtan ini salah satu kekuatan pertanian di masa depan yang menggagas pendidikan advokasi untuk mempersiapkan pertanian yang tentu berkembang lebih maju, lebih modern dan mampu membangun kemandirian petani daerah dan kemandirian nasional terhadap kebutuhan kita,” ujarnya.

Sebelum kegiatan berlangsung, seluruh Tim Pewawancara dan Panitia PMB terlebih dahulu menandatangani Pakta Integritas sebagai wujud komitmen untuk melaksanakan wawancara dengan objektif, transparan, dan akuntabel.

Hal tersebut sesuai dengan arahan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi. Ia menuturkan bahwa proses seleksi PMB harus dilakukan sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan.

“Kepada seluruh panitia pusat dan daerah untuk melaksanakan seleksi PMB sesuai prosedur yang sudah ditetapkan, bertindak secara transparan dan terbuka,” tegas Dedi.

Direktur Polbangtan Yoma Bambang Sudarmanto mengatakan bahwa, wawancara merupakan tahapan seleksi yang cukup krusial karena bobot penilaiannya lebih besar dibanding bobot nilai CAT. Mengingat pentingnya tahap ini, Bambang bersama dengan jajarannya memastikan bahwa pelaksanaan kegiatan wawancara dapat berjalan lancar tanpa gangguan.

“Bersama panitia kami sudah mempersiapkan wawancara ini. Penunjukan personil Pewawancara, tim Host Meeting, dan tim TI yang nantinya akan bertugas mengatur jalannya proses wawancara secara virtual sudah ditetapkan melalui SK Direktur. Jaringan internet dan peralatan pendukung juga sudah disiapkan dengan matang oleh Tim,” kata Bambang.

Pelaksanaan wawancara dibagi menjadi 2 sesi dalam satu hari. Sesi pertama dimulai pukul 08.30 hingga 11.50 WIB kemudian dilanjutkan sesi dua pukul 13.01 hingga 15.50 WIB. Aturan wawancara virtual sama dengan peraturan yang berlaku saat wawancara tatap muka, peserta menggunakan pakaian bebas rapi (kemeja) dan duduk tanpa ditemani oleh siapapun.

Peserta diharapkan memilih lokasi wawancara yang nyaman dan terkoneksi dengan jaringan internet yang baik agar tidak terjadi gangguan saat sesi wawancara. Setiap peserta harus mengikuti wawancara sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan agar tidak mengganggu jadwal peserta lainnya mengingat jumlah peserta yang mengikuti tahap wawancara ini mencapai 504 peserta.

Bambang menambahkan bahwa selain sebagai salah satu tahapan seleksi PMB, wawancara ini juga sebagai salah satu cara untuk melihat komitmen calon mahasiswa terhadap pengembangan pembangunan pertanian di Indonesia.

“Melalui tahap wawancara ini kita dapat menyaring calon-calon mahasiswa terbaik dan yang terpenting adalah mempunyai concern terhadap pembangunan pertanian Indonesia,” pesan Bambang kepada seluruh Panitia sesaat sebelum kegiatan.

Belajar Pertanian

VOKA-PEDIA

Sektor pertanian memiliki informasi dan istilah khusus di dalam beragam aktivitas bidang pertanian. Voka-Pedia atau Vokasi Ensiklopedia dibuat dengan tujuan menjadi kamus rujukan bagi Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian, yang menyediakan uraian ratusan istilah informasi yang disusun sesuai abjad yang berkaitan dengan dunia pertanian.

MEDIA

Galeri Pusdiktan

Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS)