Pusat Pendidikan Pertanian

The Center of Amazing Excellent Millennials Vocational Education on Agriculture in Indonesia
E-mail

pusdiktan@pertanian.go.id

Jam Buka

Senin - Kamis 07.30 - 16.00 | Jumat 07.30 - 16.30

Terkini

Warta

Silahkan klik flyer untuk informasi lebih lanjut

Agenda

Upcoming Events

Sebagai sebuah pusat pendidikan utamanya dalam bidang pertanian di Indonesia, Pusat Pendidikan Pertanian mengemban tanggung jawab untuk turut serta mengedukasi sumber daya manusia pertanian dan masyarakat Indonesia melalui berbagai macam kegiatan dan acara.

Previous
Next
Kabar Pendidikan

Info Kampus​

Pusat Pendidikan Pertanian menaungi 7 poltektan serta membina sekolah menengah kejuruan pertanian bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Pertanian melalui BPPSDMP saat ini menyelenggarakan pendidikan menengah vokasi pertanian di 3 (tiga) SMK-PP, dan 84 SMK bidang pertanian lainnya di bawah pemerintah daerah dan swasta atau yayasan.

Hi, I’m a Tooltip

Tekan pin pada gambar untuk informasi lebih lanjut.

135 +

Kerja Sama

297 +

Pengajar

2840 +

Peserta Didik

2674 +

Lulusan Terbaik

Kerja Sama

Kemitraan & Kolaborasi

Faktual​

Bicara Fakta​​

BONE BOLANGO – Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan penanaman bersama padi Gogo di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.
Pemerintah dalam hal ini Kementan terus berkomitmen mendampingi dan memberi dukungan penuh pada aktivitas tanam petani.
Swasembada pangan menjadi prioritas dan dukungan terus-menerus kepada petani diharapkan dapat mempercepat pencapaian target nasional produksi beras.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mengungkapkan bahwa Program padi gogo merupakan salah satu upaya strategis Kementerian Pertanian (Kementan) akselerasi produktivitas beras nasional mencapai ketahanan pangan nasional. Program ini diluncurkan dengan fokus utama pada penanaman padi di lahan-lahan milik warga Kabupaten Bone Bolango yang belum diolah maksimal oleh petani.

Senada dengan yang disampaikan Plt. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi menyampaikan bahwa sektor pertanian merupakan sektor paling penting saat ini dan masa depan. “Krisis pangan terus jadi tantangan bahkan ancaman, karena adanya perubahan iklim dan ketidakpastian kondisi sosial, ekonomi dan politik,” ujar Dedi.

Beberapa program yang digagas oleh Kementan untuk mengantisipasi darurat pangan adalah program kegiatan Perluasan Areal Tanam (PAT) lahan dengan Pompanisasi, lahan tadah hujan dan lahan Padi Gogo. Program penanaman bibit padi gogo sebagai pemanfaatan lahan di kabupaten Bone Bolango sangat berpeluang untuk meningkatkan swasembada pangan di Provinsi Gorontalo.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Kapusdiktan) Idha Widi Arsanti sebagai Tim Satuan Tugas (Satgas) darurat pangan Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo melakukan penanaman bersama padi gogo dengan Bupati Bone Bolango Merlan Uloli, DANDIM 1304, Kepala Pusat Standardisasi Instrumen Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kementan, Kepala Dinas Pangan Kabupaten Bone Bolango, Dandim Bone Bolango, dan Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo.

Menurut Bupati Bone Bolango Merlan Uloli, di daerahnya masih banyak lahan tidur milik warga yang memiliki potensi untuk ditanami padi gogo. Pemerintah Kabupaten Bone Bolango sudah beberapa kali melaksanakan penanaman padi gogo, dan pemerintah daerah Kabupaten Bone Bolango juga sudah melakukan pengenalan terhadap masyarakat untuk melakukan penanaman padi gogo di lahan-lahan milik warga yang belum dimanfaatkan.

Kapusdiktan Kementan, Idha Widi Arsanti menegaskan peran daerah sangatlah penting dalam mensukseskan program Antisipasi Darurat Pangan dan perluasan area tanam di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.
Menurutnya, program tersebut sudah mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah dan TNI dalam rangka mewujudkan akselerasi peningkatan swasembada pangan terutama beras, sehingga bisa menunjang swasembada pangan di Kabupaten Bone Bolango, maupun di tingkat nasional.

Selain melakukan kegiatan penanaman padi gogo bersama, kementerian pertanian juga menyerahkan bantuan bibit padi gogo ke petani Bone Bolango sebanyak 1.300 kilogram dan 34 unit pompanisasi sebagai penunjang Perluasan Area Tanam, yang sudah di bagikan ke kelompok-kelompok tani yang ada di Kabupaten Bone Bolango.
https://sipercantik.pusdiktan.id/login

Belajar Pertanian

VOKA-PEDIA

Sektor pertanian memiliki informasi dan istilah khusus di dalam beragam aktivitas bidang pertanian. Voka-Pedia atau Vokasi Ensiklopedia dibuat dengan tujuan menjadi kamus rujukan bagi Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian, yang menyediakan uraian ratusan istilah informasi yang disusun sesuai abjad yang berkaitan dengan dunia pertanian.

MEDIA

Galeri Pusdiktan

Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS)