Pusat Pendidikan Pertanian

The Center of Amazing Excellent Millennials Vocational Education on Agriculture in Indonesia
E-mail

pusdiktan@pertanian.go.id

Jam Buka

Senin - Kamis 07.30 - 16.00 | Jumat 07.30 - 16.30

Terkini

Warta

Klik pada gambar untuk download file LAKIN 2021

Agenda

Upcoming Events

Sebagai sebuah pusat pendidikan utamanya dalam bidang pertanian di Indonesia, Pusat Pendidikan Pertanian mengemban tanggung jawab untuk turut serta mengedukasi sumber daya manusia pertanian dan masyarakat Indonesia melalui berbagai macam kegiatan dan acara.

Kabar Pendidikan

Info Kampus​

Pusat Pendidikan Pertanian menaungi 7 poltektan serta membina sekolah menengah kejuruan pertanian bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Pertanian melalui BPPSDMP saat ini menyelenggarakan pendidikan menengah vokasi pertanian di 3 (tiga) SMK-PP, dan 84 SMK bidang pertanian lainnya di bawah pemerintah daerah dan swasta atau yayasan.

Hi, I’m a Tooltip

Tekan pin pada gambar untuk informasi lebih lanjut.

135 +

Kerja Sama

297 +

Pengajar

2840 +

Peserta Didik

2674 +

Lulusan Terbaik

Kutipan Sepekan

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

“Ketahanan suatu negara ditentukan oleh ketahanan pangan”

Kerja Sama

Kemitraan & Kolaborasi

Faktual​

Bicara Fakta​​

YOGYAKARTA – Memasuki penghujung tahun 2022, Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) Kementerian Pertanian memperoleh penghargaan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) Awards yang diberikan langsung oleh Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi. Penghargaan ini diberikan kepada perguruan tinggi dengan kategori pelaporan data tuntas 100 persen.

Di berbagai kesempatan Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa penyediaan data terkait pendidikan yang update merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk peningkatan mutu pendidikan khususnya mutu pendidikan tinggi vokasi pertanian.

“Sehingga, output dari peningkatan mutu pendidikan tentunya lahirnya generasi milenial pertanian yang maju, mandiri, modern,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPPSDM Pertanian, Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa Pengelolaan PD Dikti pada lembaga pendidikan vokasi lingkup Kementan menjadi acuan bagi BPPSDMP dan Politeknik lingkup Kementan dalam melakukan tata kelola pelaporan data pendidikan.
“Untuk itu perlu dilakukan rekonsiliasi data PD dikti untuk membangun Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan yang terintegrasi oleh seluruh Politeknik lingkup Kementan”, pungkasnya.

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) berisikan data dan informasi penyelenggaraan perguruan tinggi yang wajib disampaikan oleh penyelenggara perguruan tinggi dan wajib dipastikan kebenaran dan ketepatannya oleh perguruan tinggi. Dimulai dari pengumpulan data, pengolahan data, dan penyajian informasi data pendidikan tinggi dari prinsip data diantaranya Kebaruan, Tepat waktu, Akurat dan Akuntabilitas.
Sebanyak 171 Perguruan Tinggi Kementerian Lain ada 33 Perguruaan Tinggi yang mendapatkan PDDikti Award. PEPI yang berada diantaranya memperoleh penghargaan untuk pelaporan Semester 2020-1 dan 2020-2.

Penghargaan tersebut diberikan di sela-sela acara Workshop dan Asistensi Pelaporan Data PDDikti untuk RPTKL Semester 2021-2 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi, yang di selenggarakan di Hotel Eastparc Yogyakarta. Kegiatan ini sekaligus merupakan evaluasi pelaporan periode 2021-2.

Wakil Direktur satu bidang pendidikan, Adi Prayoga menyatakan kegiatan ini sebagai bentuk evaluasi pelaporan data secara rutin yang diwajibkan kepada perguruan tinggi yang mengacu pada PDDIKTI. Penghargaan ini sebagai prestasi yang membanggakan dan merupakan kristalisasi kerja keras seluruh tim akademik setiap satuan kerja pendidikan yang mendukung ketersediaan data sehingga operator dapat menuntaskan pelaporan data.
“Target utama ke depan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia adalah kelengkapan dan validitas data perguruan tinggi yang dilaporkan, sehingga tidak hanya pencapaian prosentase pelaporan tetapi data juga harus lengkap dan valid. Hal ini kita wujudkan dalam pengembangan aplikasi Evaluasi, verifikasi dan Analisa Data (EVIRA) yang merupakan Early Warning System (EWS) bagi perguruan tinggi terkait data yang sudah dilaporkan” Ujar Wakil Direktur I.

Direktur PEPI, Muharfiza menyambut baik kabar tersebut, dirinya mengatakan ini menjadi bukti bahwa pelayanan akademik di PEPI konsisten dalam melakukan pelaporan yang baik yang artinya aktivitas kuliah terlaksana dengan baik dan tepat waktu.
“hal tesebut merupakan komitmen bersama semua unsur civitas akademika dalam memberikan pelayanan, harapanya seluruh civitas akademika PEPI dapat terus konsisten dalam berkomitmen memberikan pelayanan yang baik” jelas Muharfiza.

Belajar Pertanian

VOKA-PEDIA

Sektor pertanian memiliki informasi dan istilah khusus di dalam beragam aktivitas bidang pertanian. Voka-Pedia atau Vokasi Ensiklopedia dibuat dengan tujuan menjadi kamus rujukan bagi Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian, yang menyediakan uraian ratusan istilah informasi yang disusun sesuai abjad yang berkaitan dengan dunia pertanian.

MEDIA

Galeri Pusdiktan

Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS)