Home » Blog » Gelorakan Jiwa Entrepreneurship, Polbangtan Kementan Gelar Festival Kewirausahaan

Gelorakan Jiwa Entrepreneurship, Polbangtan Kementan Gelar Festival Kewirausahaan

YOGYAKARTA – Rangkaian peringatan Dies Natalis Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang telah dimulai. Acara Pra Dies Natalis ini diawali dengan gelaran Festival Kewirausahaan yang dilaksanakan di Pelataran Polbangtan Yogyakarta Magelang Jurusan Pertanian, 24-25 Juni 2024.

Mengusung tema “Wirausaha Pertanian untuk Ketahanan Pangan”, Festival Kewirausahaan kali ini menampilkan 20 stand expo dengan beragam produk dari hasil inovasi mahasiswa Polbangtan Yogyakarta Magelang, Mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri, Institusi Pendidikan Lainnya, hingga warga sekitar.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman meminta para mahasiswa Polbangtan untuk terus mengembangkan kemampuan. Sebab, Mentan menilai pertanian memiliki banyak sektor yang dapat dikembangkan oleh para mahasiswa.

Penegasan serupa disampaikan Plt. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi.

“Polbangtan adalah kawah candradimuka, tempat lahirnya SDM-SDM yang kita harapkan bisa mengangkat pertanian. Mereka bisa jadi petani atau menjadi entrepreneur bidang pertanian. Semua sangat terbuka untuk digarap,” katanya.

Direktur Polbangtan Yogyakarta Magelang, yang diwakili R Hermawan selaku Dosen Pengampu Kewirausahaan, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan peluang berharga untuk mempamerkan produk sekaligus membentuk jejaring.

“Festival Kewirausahaan ini merupakan kegiatan yang dirancang sebagai ajang ekspose anak-anak kita dan mitra Polbangtan Yogyakarta Magelang mulai dari Kelompok Tani (Poktan), Kelompok Wanita Tani (KWT), serta Mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri lainnya. Harapannya kegiatan ini juga dapat digunakan untuk menjalin kemitraan yang lebih luas lagi,” ujarnya.

Selain itu, imbuh Hermawan, kegiatan Festival Kewirausahaan erat kaitannya dengan pencapaian target Kementerian Pertanian (Kementan).

“Kegiatan ini juga untuk mendukung program utama Kementerian Pertanian yaitu Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP), dimana target utama kita adalah membentuk wirausahawan – wirausahawan muda bidang pertanian yang nantinya akan menjadi job creator untuk lingkungannya,” kata Hermawan.

Ketua Panitia, Nanda Firdaus, berharap Festival Kewirausahaan dapat meningkat semangat berwirausaha untuk seluruh kalangan.

“Tujuan utama kegiatan ini tentunya adalah untuk menumbuhkan semangat jiwa wirausaha di segala usia, mengingat peserta Festival ini datang dari berbagai kalangan baik dari segi usia maupun latar belakang,” harapnya.