Home » Blog » SMKPP N Banjarbaru Maksimalkan SDM dan Pelayanan dengan Workshop Penyusunan Dokumen ISO 9001:2015

SMKPP N Banjarbaru Maksimalkan SDM dan Pelayanan dengan Workshop Penyusunan Dokumen ISO 9001:2015

BANJARMASIN – Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bidang Pendidikan BPPSDMP Kementerian Pertanian (Kementan), SMKPP Negeri Banjarbaru terus berupaya meningkatkan kapasitas dan pelayanan manajemen di sekolah.

Salah satu upaya yang dilakukan dengan menggelar workshop pelaksanaan ISO 9001:2015 selama 3 hari, sejak Kamis (15/7/2021). Kegiatan ini diikuti 30 pegawai yang memegang atau bertanggung jawab dalam bagian kegiatan.

Pelaksanaan ISO ini sesuai dengan arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

“Kita akan terus berusaha mencetak SDM Pertanian handal meneruskan dan mengisi pembangunan pertanian,” terangnya.

Hal senada disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi.

Menurutnya, mesin cetak SDM unggulan ada di lembaga pendidikan. Dan Kementan mempunyai lembaga pendidikan vokasi.

“Pengembangan pendidikan vokasi menjadi kunci. Sebab lewat pendidikan vokasi ini bisa banyak lahir petani milenial. Output dari pendidikan vokasi adalah qualified job creator dan job seeker,” tutur Dedi Nursyamsi.

Sedangkan Wakil Kepala Sekolah Bidang Manajemen, Fofa Arofi, menjelaskan, ISO 9001:2015 berisi tentang sistem standar manajemen mutu, yang kedepannya akan dilaksanakan oleh SMK-PP N Banjarbaru. Selain itu Workshop ini mengundang Trainer ISO dari URS Balikpapan.

“Workshop ini diharapkan semua dokumen level 1 sampai dengan level 4 semua sudah tersusun sampai sabtu, kedua bisa menganalis risiko dan komponen-komponennya sudah siap sebagai bekal kita untuk audit nanti, dan di akhir juli sudah menyelesaikan semua dokumen,” ujar Fofa, yang juga ketua workshop.

Pernyataan tidak jauh berbeda disampaikan Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso.

“Kita hari ini focus ke ISO Mutu dulu, karena ini mencerminkan mutu ataupun kinerja kita, yang sebernarnya ini juga terkait dengan SPI juga,” jelasnya.

Ditambahkannya dokumen yang disusun dalam workshop kali ini sangat penting sebagai perangkat dalam menciptakan system manajemen yang baik di SMK-PP N Banjarbaru yang akan melakukan audit ISO 9001:2015 yang sekiranya dilakukan pada akhir tahun ini.

“Kami mohon kepada bapak ibu dapat membedah kira-kira mana yang bisa kita pakai Kembali, yang tidak relevan kita buang, kemudian kalau ada yang baru mari kita membuat SOP yang baru,” Tambah Budi Santoso.