Home » Blog » Kementan Dorong Manokwari Jadi Lumbung Pangan di Tanah Papua

Kementan Dorong Manokwari Jadi Lumbung Pangan di Tanah Papua

MANOKWARI – Kementerian Pertanian dalam menjaga ketahanan pangan di Provinsi Papua Barat, mendorong Kabupaten Manokwari menjadi salah satu daerah lumbung pangan di Indonesia Timur. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi dalam kunjungan kerjanya di Manokwari, Sabtu (02/12/23).

“Tentu kita ingin manokwari terus bergerak dengan memaksilkan ketersedian pangan yang cukup banyak, sehingga menjadi lumbung pangan di Papua Barat yang diikuti oleh kabupaten lainnya. Sejauh ini”. sebut Harvick.

Harvick mengakui bahwa basis pertanian di Manokwari sangat kuat, dengan data geografis lahan lebih 3.000 kilometer dan jumlah penduduk lebih dari 197 jiwa sangat efektif untuk berproduksi.

Ia sangat mengapresiasi gerakan pangan yang diinisiasi oleh pemerintah daerah. Menurutnya hasil-hasil lokal untuk gerakan pangan lokal sangat baik untuk mengenalkan kepada generasi penerus mengenai cara mempertahankannya dan terus berkelanjutan hingga bisa dikirim keluar papua dan dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia atau bahkan dapat di ekspor

Kedatangan orang nomor 2 di Kementerian Pertanian dalam rangka panen padi di kampung Prafi Mulya, sekaligus penyerahan bantuan pemerintah kepada petani yang berupa, sembako, buku tabungan kelompok tani, bibit jagung, bibit kopi dan alat mesin pertanian (alsintan).

Hadir mendampingi Wamentan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi turut mendukung kemajuan sektor pertanian di kabupaten Manokwari.

Pihaknya mendukung penuh, upaya mendongkrak produktvitas pertanian dengan menyediakan SDM pertanian berkualitas melalui pelatihan-pelatihan yang dilakukan secara intensif diseluruh wilayah Indonesia tidak terkecuali Manokwari.

“Di wilayah timur ini ada Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari yang menyediakan pemberdayaan petani yang siap mendampingi dan melakukan pelatihan kepada masyarakat untuk memajukan sektor pertanian,” ungkap Dedi

“Apalagi tanaman pangan lokal disini sangat melimpah, Polbangtan Manokwari siap mendampingi baik on farm maupun off farm yang diperkuat dengan hilirisasi,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Manokwari Hermus Indou menyambut hangat kedatangan rombongan kementerian pertanian di Papua barat. Menurutnya kunjungan Wamentan dilihat sebagai kunjungan orang tua keanaknya.

“Ini sebagai bentuk perhatian khusus Kementan kepada ibukota Papua Barat, semoga kedatangan Wamentan kesini membawa banyak berkah dan masyarakat sejahtera,” kata Hermus

Ia optimis Manokwari akan mewujudkan swasembada pangan. “Sejauh ini kondisi ketahanan pangan di Manokwari masih stabil, dan stabilitas ketahanan pangan di Manokwari harus di tingkatkan dengan produktivitas yang tinggi,”tambahnya.